PROFIL

PROFIL DAYAH DARUL YAQIN

Dayah Darul Yaqin adalah sebuah lembaga pedidikan islam yang berbasis disiplin kelimuan dayah salafiyah yang didirikan pada tahun 2000 yang berkedudukn dikota lhokseumawe provinsi Aceh dibawah pimpinan Dayah sekaligus founder Dayah Darul Yaqin Tgk H.Ibrahim Abidin atau yang lebih dikenal Abu Ulee Jalan, yang merupakan alumni di beberapa dayah ternama di Aceh di antaranya : Dayah Abu Lhee Jeunib, Dayah Malikusaleh Panton Labu, Dayah Abu Tumin Blang Bladeh, Dayah Budi Mesja Lamno- Aceh Jaya, sebagai lembaga pendidikan berbasis dayah yang beliau singgahi dalam menuntut ilmu agama.

Dayah Darul yaqin terletak di jalan Tgk Muda Lamkuta, Dusun Dayah Gampong Ulee Jalan, Kecematan Banda  Sakti kota Lhokseumawe Provinsi Aceh. Lokasi dayah sangat menguntungkan karena berada di pinggiran kota, yang mana hal tersebut memudahkan komunikasi, baik dengan instansi pemerintah maupun dengan masyarakat luas. Dayah Darul Yaqin mempunyai

Visi: “Menjadikan Dayah Darul Yaqin sebagai Dayah yang unggul dalam ilmu ke islaman meliputi Tauhid, Fiqih, da Tasawwuf.”

Sedangkan Misi yang dibawah adalah :
a. Menghasilkan lulusan maha santri yang memiliki ke unggulan kompotitif dalam bidang-bidang ilmu ke islman.
b. Meakukan reintegrasi ilmu-ilmu ke islaman.
c. Mengembangkan ilmu keislman melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
d. Memberikan kontribusi kualitas hidup berbangsa dan bernegara terutama dalam upaya mengembangkan wawasan ke islman yang baik, menyejukkan dan membawa rahmatal lil’alamin.
Tujuan Sekolah

Mengacu pada visi dan misi sekolah serta tujuan umum pendidikan dasar yaitu “Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut” Tujuan pendidikan Dayah Darul Yaqin Lhokseumawe adalah sebagai berikut :

a. Membekali peserta didik dengan nilai-nilai tauhid dan nilai-nilai luhur Islam agar mampu berbuat yang terbaik di kemudian hari sehingga mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

b. Mempersiapkan lulusan yang berkualitas, cerdas, kreatif, dan siap menghadapi tantangan kedepan serta memberikan pondasi pembentukan manusia seutuhnya, yakni manusia yang beriman bertaqwa, berilmu pengetahuan, berteknologi, berakhlak mulia, cerdas, sehat, menuju ridha Allah swt.

Comments