Kisah

Hadis Keutamaan Sedekah

Pertama, Sebagai pelindung dari musibah dan keburukan. Ini sebagaimana tercantum dalam hadis riwayat Imam Al-Baihaqi, Nabi Saw bersabda;
Sedekah menutup 70 pintu keburukan.

Kedua, malaikat mendoakan untuk orang yang bersedekah agar sedekahnya Allah ganti. Ini sebagaimana terdapat dalam hadis riwayat Imam Al-Bukhari, Nabi Saw bersabda;Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat kepadanya, lalu salah satunya berdoa; Ya Allah, berikanlah pengganti bagi siapa yg menafkahkan hartanya Sedangkan yang satunya lagi berdoa; Ya Allah, berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya.

Ketiga, sedekah bisa mencegah seseorang masuk neraka. Ini sebagaimana terdapat dalam hadis riwayat Imam Al-Thabrani, Nabi Saw bersabda; Wahai Aisyah,halangilah dirimu dari neraka meskipun dengan sebiji kurma, karena hal itu bisa menutupi orang lapar dari kelaparan.

Keempat, bisa memadamkan murka Allah.Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Tirmidzi, bahwa Nabi Saw bersabda;Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah &  menolak mati jelek (su’ul khotimah).

Kelima,mampu melunakkan hati yg keras, terutama bersedekah kepada org miskin. Ini sebagaimana terdapat dalam hadis riwayat Imam Ahmad dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Saw bersabda;Jika kamu ingin hatimu lemah lembut Maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.

Keenam, bisa menolak terjadinya musibah dan bisa menambah umur. Dalam sebuah riwayat terdapat keterangan sebagai berikut;
Sedekah dapat menolak terjadinya balak dan dapat menambah umur.

No comments:

Post a Comment