KISAH PENEBANG POHON DAN IBLIS


Al-Qurasyi berkata : Aku mendengar Sa'id bin Sulaiman menceritakan dari Mubarak bin fudhalah dan diriwayatkan dari Al-hasan , beliau berkata ; 
Ada sebatang pohon yang menjadi sembahan manusia selain Allah SWT,sehingga pada suatu hari datanglah  seorang laki-laki ingin menebang pohon tersebut, laki-laki itu berkata : Aku akan menebang pohon ini Lalu dia pergi karena Allah SWT untuk menebang pohon tersebut,akan tetapi datanglah Iblis menjumpainya dalam rupa seorang manusia.

Iblis berkata : Apa yang ingin kamu lakukan ?
laki2 tersebut menjawab : Aku ingin menebang pohon ini, karena manusia telah menyembah pohon ini dan melupakan Allah.
Lalu Iblis berkata : kamu Khan tidak menyembahnya, lalu apa yg membuat mu terganggu oleh mereka yang menyembah nya Silaki-laki tetap menjawab : Aku tetap akan menebang pohon itu 
Lalu setan merayunya dan berkata : Apakah engkau tidak mau sesuatu yang lebih menguntungkan tapi jangan engkau tebang pohon ini ? Aku akan meletakkan dua Dinar setiap hari setelah subuh dibawah bantal mu ! Laki2 itu bertanya : Dari mana uang itu datang? Iblis menjawab : Aku yg akan memberikan nya untuk mu 
Maka kembali lah laki2 tsb kerumahnya,stelah subuh dia mendapatkan dua Dinar dibawah bantal nya ,namun keesokan harinya dia tdk lagi mendapatkan dua Dinar seperti yg dijanjikan. Lalu dia pun marah dan pergi untuk menebang kembali pohon yang disembah oleh manusia,dan kembali pula setan datang menghalangi jalannya dalam wujud seperti pertama mereka bertemu.
Lalu Iblis berkata : Apa yang engkau inginkan.?
Laki-laki menjawab : Aku ingin menebang pohon yang disembah manusia hingga mereka melupakan Allah
Iblis berkata : kamu berbohong, hari ini kamu tidak akan bisa pergi kesana !
Namun laki2 tersebut tetap bersikeras untuk pergi menebang pohon yg disembah oleh manusia,maka Iblis membanting nya ke tanah, dan mencekik nya hingga hampir mati.
Lalu Iblis Kembali berkata : Apakah engkau tau siapa aku..? Aku adalah setan, yg kemarin mencoba menghalangi mu menebang pohon sembahan itu,namun kamu marah karena Allah sehingga aku tidak bisa mehalangimu. Maka aku menipumu dengan dua dinar, sehingga engkau membatalkan rencana mu untuk menebang pohon sembahan manusia tersebut.
Namun sekarang kamu datang karena marah tidak mendapatkan dua Dinar yang telah aku janjikan maka aku dengan mudah bisa mengalahkan mu.

Sumber :
Ibnu Al-Jauzi Dalam Kitab Talbis Iblis hal :31 ]

Comments