Abu Ulee Jalan lantik Pengurus Alumni RADDY

Pengurus RADDY foto bersama Abu usai Pelantikan

Pengurus Rabithah Alumni Dayah Darul Yaqin (RADDY) Lhokseumawe periode 2021-2024 resmi dilantik. Ceremonial Pelantikan berlangsung jum’at malam 17 september 2021 bertempat di Aula Dayah tersebut. Acara yang langsung di hadiri oleh Pimpinan Dayah Abu H. Ibrahim Abidin, Pengurus Dayah, Pimpinan Yayasan, Tokoh masyarakat setempat, Alumni Santri dan Dewan guru yang telah mendirikan Dayah dan Balai pengajian sendiri serta Alumni dari generasi awal pendirian dayah (tahun 2000) sampai dengan Alumni SMPS Dayah Darul Yaqin itu mengangkat tema “Dayah maju beupesat, Alumni ukhuwah beuerat dan Masyarakat ta jaga beusehat”.


Acara yang dipandu oleh Tgk. Mukhlis S.E. dimulai pukul 21.00 WIB dan berakhir pukul 22.30 WIB, diawali dengan Tilawah al-Qur’an dan Lantunan Shalawat badar yang di kumandangkan oleh Tgk. Muslim al-Qari merupakan Qari Kota Lhokseumawe yang telah mengikuti berbagai event MTQ baik tingkat nasional maupun internasional, keduanya adalah alumni generasi awal Dayah Darul Yaqin.


Dalam kata sambutan sebelum membacakan Surat Keputusan Pimpinan Dayah tentang Penetapan Struktur Pengurus, Tgk. Abdurrazak selaku Ketua Yayasan mengungkapkan rasa haru dan bersyukur atas terlaksananya acara ini seraya berharap Alumni dapat memberikan kontribusi positif  terhadap perkembangan Dayah terutama terkait program Pengembangan Kesehatan Dayah (Klinik Dayah Darul Yaqin) yang telah diinisiasi oleh Alumni beberapa waktu yang lalu.


Adapun susunan Pengurus Rabithah Alumni Dayah Darul Yaqin (RADDY) Lhokseumawe periode 2021-2024 berdasarkan SK. Nomor 01.004/SK.Y-DDY/IX/2021 terdiri dari Dewan Penasehat yaitu Abu H. Ibrahim Abidin, Tgk. H. Zulfikar Is, Tgk. Umar (tgk. Jim) dan Tgk. Mahrizal Syamsuddin. Dewan Pertimbangan yaitu Tgk. M. Idris Suhairi, S.Sos.I., Tgk. Tarmizi Jalil, Tgk. Nazar Ismail, Tgk. Irfan Jalaluddin dan Tgk. Abdurrazak.


Sementara Pengurus/Badan pelaksana yang dilantik yaitu Ketua Umum Tgk. Zarkasyi, S.HI.,M.HI., Ketua harian Tgk. Mahlil Zakaria, S.H., Sekretaris, Tgk. Muhammad Isman, S.Pd.I., Bendahara, tgk. Chairul Muarif, S.T. Ketua-ketua Bidang yaitu Bidang SDM, Sosial Budaya dan Olahraga, Tgk. Ibnu Hajar, S.Sos., Bidang Humas, media dan kelembagaan, Tgk. Tarmizi Zakaria, S.Sy., Bidang Dakwah dan kajian keislaman, Tgk. Ahmad Rifai, S.H., Bidang Pemberdayaan alumni, Tgk. Fakhrurrazi, S.T.,M.S.M., Bidang penelitian dan pengembangan dayah, dr. Tgk. T. Mirzal Safari, Sp.PD. dan Bidang pemberdayaan muslimah Tgk. Saumiana beserta Kordinator Wilayah.


Mewakili pimpinan Dayah, Tgk. H. Zulfikar Is melantik sekaligus mamandu ikrar janji pengurus serta berpesan untuk melaksanakan tugas dan wewenang dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab serta menjaga nama baik organisasi dan Dayah.


Secara historis Ikatan Alumni Dayah Darul Yakin sudah terbentuk sejak akhir tahun 2018, namun karena berbagai kendala sehingga baru terbentuk secara resmi tahun ini dalam Wadah Rabithah Alumni Dayah Darul Yaqin (RADDY) dengan tujuan Membangun dan membina hubungan kekeluargaan yang erat, baik diantara sesama alumni maupun antara alumni dengan seluruh komponen almamater Dayah, Mewujudkan interaksi dan sinergi positif diantara alumni, saling berbagi manfaat dan mendukung kearah keberhasilan serta Menggalang partisipasi segenap alumni dalam mendukung peningkatan dan pengembangan kualitas pendidikan di Dayah Darul Yaqin. Ujar Tgk. Mahlil Zakaria, SH dalam sambutannya mewakili Ketua Umum yang berhalangan hadir.


Dalam acara tersebut juga dipaparkan mengenai Progres program Pengembangan Kesehatan Dayah (Klinik Dayah Darul Yaqin) oleh Inisiator sekaligus Pendiri dr. Tgk. T. Mirzal Safari, Sp.PD. dalam orasinya, ia memaparkan tentang tujuan didirikannya Klinik serta mengajak seluruh Alumni untuk mendukung sekaligus menginvestasikan modal agar cita-cita mulia ini dapat direalisasikan dengan baik serta menjadi wadah penguat ukhuwah sesama alumni.


Di akhir acara, Abu Pimpinan Dayah menyampaikan tausiyah dan amanatnya kepada seluruh Pengurus dan Alumni yang hadir. Abu mengenang kembali proses awal berdirinya Dayah sehingga berkembang seperti sekarang. Dengan ikhtiar kerja keras dan tulus ikhlas InsyaAllah semua hal yang kita niatkan lillaahita’ala akan dapat kita capai dengan izin Allah, ujar Abu. (@mahlilzakaria)

No comments:

Post a Comment