Rabithah Alumni Dayah Darul Yaqin (RADDY) terbentuk

Para alumni Santri dan Dewan Guru Dayah Darul Yaqin Ulee Jalan Kota Lhokseumawe menggelar Musyawarah Alumni pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 di Dayah setempat. Hadir dalam acara itu para alumni dan dewan guru yang berasal dari beberapa gampong, seperti Ulee Jalan, Kuta Blang, Hagu Barat Laut, Ujong Blang, Uteun Bayi, Banda Masen, Keude Aceh, Tumpok Teungoh dan beberapa wilayah diluar Kecamatan Banda Sakti, seperti Paloh, Sawang, Kuta Makmur, Alue ie puteh dan Paya Bakong.

Musyawarah yang berlangsung di Aula SMPS Dayah Darul Yaqin dipimpin oleh Tgk. Mahlil Zakaria, Tgk. Abdul Razak dan Tgk. Muhammad Isman menghasilkan beberapa keputusan berdasarkan musyawarah mufakat. Diantaranya, menetapkan nama resmi Organisasi Alumni yakni Rabithah Alumni Dayah Darul Yaqin atau disingkat RADDY dan terpilihnya Ketua Umum RADDY yaitu Tgk. Zarkasyi, SHI,MHI merupakan salah satu Alumni luar biasa (Dewan guru) yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pengajian dan Zikir Tasawuf, Tauhid dan Fiqih (TASTAFI) Kota Lhokseumawe.

Sebelumnya pada tahun 2019, Pimpinan Dayah Tgk. H. Ibrahim Abidin (Abu Ulee Jalan) telah menunjuk Tgk. Mahlil Zakaria sebagai Mandataris (Koordinator Alumni) untuk menjalankan program-prioritas alumni seperti Pendataan alumni, Pelaksanaan Hari besar Islam dan Musyawarah untuk membentuk Rabithah Alumni dan memilih Ketua Alumni definitif. Namun karena berbagai faktor terutama mewabahnya pandemi covid-19 musyawarah tersebut baru dapat dilaksanakan pada Agustus 2021.

Tgk Mahlil sendiri pada musyawarah tersebut terpilih sebagai Ketua harian RADDY untuk mendampingi Ketua Umum. Sementara Sekretaris dijabat oleh Tgk. Muhammad Isman dan Bendahara Tgk. Chairul Muariaf.


Dalam waktu dekat, pihaknya akan membentuk Kepengurusan, melantik Pengurus dan koordinator wilayah dengan masa periode 2021-2024 untuk merealisasikan dan melanjutkan program prioritas Rabithah Alumni diantaranya Pengajian rutin khusus alumni yang diasuh langsung oleh Abu Ulee Jalan, Pengajian Umum (terbuka untuk masyarakat non alumni) sekaligus lika’ mahabbah bersama ulama-ulama Aceh. Ujar Tgk. Zarkasyi.

Sementara dalam arahannya usai Musyawarah, Abu Ulee Jalan mengapresiasi ikhtiar alumni untuk bersatu dalam wadah Rabithah dan berharap hasil musyawarah dapat direalisasikan dengan baik meski membutuhkan proses dan keistiqamahan untuk mewujudkan harapan tersebut. InsyaAllah Abu sangat mendukung dan mendo’akan cita-cita para alumni, ujar Abu Ulee Jalan. (mahlil zakaria)


Foto-foto Musyawarah Alumni dan Lika' Mahhabah bersama Abu:












1 comment: