Doa dan Cara Melembutkan Hati Anak yang Marah dan kasar

Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Allah kepada suami istri yang telah menikah. Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan kehadiran seorang anak di kehidupan keluarga kecil mereka. Bahkan ada beberapa pasangan yang telah lama menikah belum dikaruniai buah hati. 

Bagi kita orang tua yang telah mempunyai anak.  Sering kali kesel jika melihat tingkah anak yang nakal, suka marah bahkan tidak patuh akan nasehat orang tuanya.

Tingkah anak yang terkesan nakal di usia aktif, memang sering membuat orangtua merasa jengkel. Heran menghadapi kelakuan anak, orangtua bisa sampai kehabisan akal dan bingung harus berbuat apa.

Sebagai solusinya, kita sabagai orang tua harus memberikan pendidikan sejak dini mulai dari rumah dan membacakan doa agar anak tidak nakal dan bisa memiliki sifat penurut hingga menjadi anak yang soleh dan soleha. 

Usaha akan sia-sia jika tidak dibarengi doa, begitu pula sebaliknya. Nah, di bawah ini adalah doa yang bisa ibu bapak bacakan sejak si Kecil masih bayi hingga besar agar tidak nakal dan lebih berbakti kepada orang tua. 

Agar anak kita menjadi penurut dan patuh terhadap orang tua serta hatinya menjadi lembut, mudah diatur hingga menjadi anak yang sholih dan sholihah maka ada baiknya melakukanlah ihtiyar sebagai berikut:

Cara Pertama :

Ketika anak sedang tidur maka letakkanlah telapak tangan kanan di atas dada anak sambil membaca :
1.Shalawat Nabi 7x
2.Surat Al fatehah 1x
3.Surat Toha ayat 1 sampai 5
4.Berdoa ( contoh : Ya Allah lembutkanlah hati anakku, jadikanlah dia anak yang sholih/sholihah dan seterusnya )
5.Lalu ciumlah dahi anaknya

Selama membaca usap-usapkan tangan di belahan dada anak

Cara Kedua :

Ketika anak tidur bacalah surat al ihlas sebanyak 10 kali lalu tiupkan ke ubun-ubunnya
Lakukan cara tersebut selama 40 malam berturut-turur.

Cara Ketiga :

Setiap habis sholat lima waktu bacalah surat Al qodar (انا انزلناه في ليلة القدر….) sebanyak 3 kali, lalu ditiupkan ke lutut kita sendiri dengan niat (dalam hati) meniup anak kita sendiri, maka insyaAllah anak-anak kita akan menjadi anak yang penurut dan patuh pada orang tua dan lembut hatinya serta menjadi anak yang sholih atau sholihah.

Adapun demikian, ada juga beberapa doa dibawah ini. 

1. Doa Anak Berhati lembut

Untuk mewujudkan sikap anak yang berhati lembut, Mama bisa membacakan doa yang tercantum dalam QS Ali Imran: 200.

Surah tersebut memiliki arti: “Wahai orang yang beriman, Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaran kamu, dan bersedialah serta bertakwalah kepada Allah supaya kamu berjaya.”

Setelah itu hembuskan pada makanan dan minuman sang anak. Jika si Kecil masih menyusu maka hembuskan pada susu.

2.Doa agar anak rajin menunaikan salat

Amalkan QS Ibrahim: 40-41, yang artinya: “Ya Allah Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak-anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan solat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).”

Disarankan doa ini dibaca selepas menunaikan salat atau setiap kali Mama mengingat si Kecil.

3.Doa untuk melembutkan anak yang keras kepala

Agar anak menjadi lebih menurut dengan orangtua dan tidak egois, coba amalkan doa yang diambil dari QS Asy Syura: 19, yang artinya, “Allah Maha Lembut takdir-Nya (serta melimpah-limpah kebaikan dan belas kasihan-Nya) terhadap hamba-hamba-Nya; Ia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya (menurut peraturan yang sudah ditetapkan), dan Dialah Yang Maha Kuat, lagi Maha Kuasa.”

Baca doa ini sebanyak 19 kali pada air minum kemudian berikan kepada anak agar meminumnya.

InsyaAllah  jika diamalkan secara rutin, maka sikap anak yang keras kepala itu akan berubah menjadi lebih baik atas seizin Allah SWT. Mama juga bisa membacakan doa ini di atas kepalanya saat anak tidur.

4.Doa untuk menangani anak yang nakal

Bacalah QS Ibrahim: 40, yang artinya: “Wahai Tuhanku, jadikanlah aku orang yang mendirikan solat, dan zuriat keturunanku. Wahai Tuhanku perkenankanlah doaku.”

Bacaan ini diucapkan setiap selepas salat lima waktu. Amalkan juga doa dari QS Al Furqan: 74 yang artinya: “Dan juga mereka yang berdoa dengan berkata: Wahai Tuhan kami, berilah kami beroleh daripada isteri-isteri dan zuriat keturunan kami perkara-perkara yang menyukakan hati kami, dan jadikanlah kami imam ikutan bagi orang-orang yang bertakwa.”

Semoga bermanfaat dan menjadi anak yang soleh dan soleha.. Aamiin ya rabbal alamin 

No comments:

Post a Comment