Umum

Apa Manfaat Berdoa Buat Kita?

‏APAKAH DO'A DAPAT MERUBAH TAKDIR?

ﻗﺎﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ: ﻓﺈﻥ ﻗﻴﻞ: ﻓﻤﺎ ﻓﺎﺋﺪﺓ اﻟﺪﻋﺎء ﻣﻊ ﺃﻥ اﻟﻘﻀﺎء ﻻ ﻣﺮﺩ ﻟﻪ؟. ﻓﺎﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﻣﻦ ﺟﻤﻠﺔ اﻟﻘﻀﺎء: ﺭﺩ اﻟﺒﻼء ﺑﺎﻟﺪﻋﺎء، ﻓﺎﻟﺪﻋﺎء ﺳﺒﺐ ﻟﺮﺩ اﻟﺒﻼء ﻭﻭﺟﻮﺩ
اﻟﺮﺣﻤﺔ،
‏ﻛﻤﺎ ﺃﻥ اﻟﺘﺮﺱ ﺳﺒﺐ ﻟﺪﻓﻊ اﻟﺴﻼﺡ، ﻭاﻟﻤﺎء ﺳﺒﺐ ﻟﺨﺮﻭﺝ اﻟﻨﺒﺎﺕ ﻣﻦ اﻷﺭﺽ، ﻓﻜﻤﺎ ﺃﻥ اﻟﺘﺮﺱ ﻳﺪﻓﻊ اﻟﺴﻬﻢ ﻓﻴﺘﺪاﻓﻌﺎﻥ، ﻓﻜﺬﻟﻚ اﻟﺪﻋﺎء ﻭاﻟﺒﻼء، ﻭﻟﻴﺲ ﻣﻦ ﺷﺮﻁ اﻻﻋﺘﺮاﻑ ﺑﺎﻟﻘﻀﺎء ﺃﻥ ﻻ ﻳﺤﻤﻞ اﻟﺴﻼﺡ،
‏ﻭﻗﺪ ﻗﺎﻝ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: (ﻭﻟﻴﺄﺧﺬﻭا ﺣﺬﺭﻫﻢ ﻭﺃﺳﻠﺤﺘﻬﻢ) [ اﻟﻨﺴﺎء: 102]  ﻓﻘﺪﺭ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ اﻷﻣﺮ، ﻭﻗﺪﺭ ﺳﺒﺒﻪ.

📒 الأذكار  للإمام النووي رحمه الله تعالى

Imam Al-Ghazali berkata :
Jika ada yang bertanya," Apa manfaat berdo'a sedangkan segala sesuatu sudah ada takdirnya yang tak akan bisa dihindari?"
Jawabnya ," Ketahuilah bahwa termasuk takdir adalah terhindar bala' karena berdo'a. Maka do'a adalah SEBAB dari tertolaknya bala' dan memperoleh rahmat. Analoginya seperti halnya tameng yang menjadi SEBAB tak terkena pedang ataupun air adalah SEBAB tumbuhnya tanaman dari tanah.
Maka hubungan do'a dengan bala' seperti halnya hubungan tameng dengan pedang. Maka bukanlah termasuk menerima takdir jika kamu berperang tanpa membawa pedang (begitupun dengan tidak berdo'a juga bukanlah tindakan beriman pada takdir).

Dalam Al-quran Allah menyuruh untuk waspada dan membawa senjata ketika perang. Yang artinya Allah mentakdirkan sesuatu beserta SEBABnya."

📒 الأذكار  للإمام النووي

No comments:

Post a Comment