Dayahkarya santri/siswaPrestasiSekolahUmum

Mengapa Masih Sulit Bangun Shalat Subuh?



Bagi sebagian orang,shalat subuh di mesjid adalah hal yg ringan baginya,bahkan jika ia tertinggal shalat subuh berjamaah di mesjid,ia sangat merasa kecewa terhadap dirinya sendiri.
sebaliknya,ada orang yang sangat sulit bangun untuk mengerjakan shalat subuh,butuh perjuangan yg besar untuk melakukannya.jika ada yang merasa seperti ini,maka bersabarlah dan terus berjuang,semoga Allah memberikan ketetapan dalam hati untuk terus beristiqamah.
Allah berfirman:

                                                                              والذين جهدو فينا  لنهدينهم سبلنا وان الله لمع الحسنين
    
"orang orang yang berjihad dijalan kami,sungguh akan kami berikan petunjuk kepada mereka agar istiqamah di jalan kami,sesungguhnya Allah bersama orang orang yang berbuat baik".(Q.S.Al Ankabut:69

Ibnu Qayim  memberikan catatan:
Allah menggandengkan anatara hidayah dan jihad(perjuangan).karena itu,manusia yang paling sempurna hidayahnya adalah manusia yang paling besar perjuangannya.
Jihad yang paling wajib adalah jihad mendidik jiwa,jihad melawan hawa nafsu,jihad melawan setan,dan jihad untuk zuhud terhadap dunia.siapa yang bisa berjihad menghadapi 4 hal ini dijalan Allah,maka Allah akan berikan petunjuk kepadanya jalan untuk menggapai ridhaNya yang akan mengantarkan ke surgaNya.

Jadi,jika semakin besar perjuangan kita dalam melaksanakan shalat subuh,maka semakin besar pula hidayah yang akan diberikan oleh Allah untuk kita.  

Namun apakah ada beberapa tips agar kita mudah untuk bangun subuh?
Tentu saja ada,berikut:

1.BERTEKAT KUATLAH UNTUK BANGUN                
   SUBUH.
2.SEBAIKNYA JANGAN
   BERGADANG,TIDURLAH LEBIH AWAL.
3.BUATLAH ALARAM
4.DIANJURKAN BERWUDHU SEBELUM                                                
   TIDUR
5.BACALAH SURAT AL KAHFI PADA AYAT.    TERAKHIR,DAN BERDOALAH AGAR TERBANGUN KETIKA SUBUH.
6.PERBANYAKLAH ZIKIR DAN DOA KETIKA HENDAK TIDUR.

Terkadang sebagian orang,ketika ia hendak tidur,ia jarang sekali tidur dalam keadaan suci,bahkan ia juga tidak membaca doa.karena itulah setan sangat suka mengganggunya,sehingga ia sulit untuk bangun subuh.jika hendak tidur ia berwudhu dan tidur dalam keadaan suci dan juga diiringi dengan beberapa zikir dan doa,maka malaikat akan selalu menjaganya dalam sepanjang tidurnya,hingga ia sangat mudah untuk bangun subuh.
Semoga sedikit tips ini dapat bermanfaat bagi semua orang.

No comments:

Post a Comment