Pembelajaran prakarya kali ini tentang pengolahan makanan. Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Tanpa adanya makanan, manusia tidak mungkin bertahan hidup.

Pada zaman yang serba moderen dan teknologi semakin canggih, manusia mendapatkan berbagai ilmu untuk mengolah makanan dengan berbagai cita rasa dan memadukan resep yang ada di seluruh dunia. Karena itulah, dalam pengolahan makanan, manusia melakukan banyak inovasi, seperti menemukan bumbu, bahan makanan yang baru, maupun cara pengolahannya.

Di sekolah SMP Dayah Darul Yaqin, guru dan siswa mengolah makanan dengan bahan yang sederhana untuk melengkapi materi pembelajaran di mata pelajaran prakarya. 

Makanan yang diolah yaitu nasi, mie, kue, dan minuman. Guru membagikan beberapa kelompok dan setiap kelompok mengolah makanan dan minuman. Ada kelompok yang mengolah makanan seperti nasi goreng, mie goreng,martabak, puding dan kue donat,  sedangkan untuk minuman seperti jus pokat, jus wortel,capucino cincau, es timun dan es bandung. 

Berikut hasil penyajian dari setiap kelompok :
Kelompok satu,  menyajikan mie caluk dengan minuman jus pokat dan es metimum. 
Kelompok dua, menyajikan nasi goreng, puding, kue bakpo dan es bandung.
Kelompok tiga, menyajikan mie goreng, donat, dan es capucino cincau.
Kelompok empat, menyajikan martabak telor dan jus semangka.
Kelompok lima, menyajikan mie goreng dan jus wortel.
kelompok enam, menyajikan mie goreng dan jus metimum.

Setelah penyajian dan prestasi semua kelompok, guru mencicipin dan memberikan nilai sesuai kriteria dalam penilaian. Kemudian setiap anggota kelompok membuat laporan tentang cara pengolahan makanan. 

Setiap kelompok mempunyai kreasi tersendiri dalam menyajikan makanan. Walaupun ada makanan dan minuman yang sama, tetapi rasanya berbeda yang pasti enak dan lezat.


No comments:

Post a Comment