Tasawwuf

BERSIFAT BAIK TERHADAP KAWAN, SALING MEMBANTU, SALING MEMPERHATIKAN.



Berikut beberapa Adab persahabatan atau pergaulan 

Adab-adab pergaulan itu sangat lah banyak.  Diantara nya ialah Bermanis muka,kasih sayang dan memperhatikan kepada teman yang lagi berbicara,Sopan santun,tidak sombong dan diam ketika bergurau dan memaafkan daripada kesalahan, kesilapan, melapangkan dengan harta benda dan tidak membanggakan diri dengan jabatan dan kekayaan. 

Maka yang  demikian tersebut ( bangga dengan jabatan dan kekayaan ) dapat membuat kita  kehilangan  pandangan manusia dan kita di asingkan oleh manusia. 

Dan selain dari itu ialah  menjaga rahasia, Tidak bisa kita beberkan rahasia atau aib seseorang lain . Allah akan menutup Aib kseseorang di hari kiamat bagi orang yang menutup rahasia atau aib saudara nya di dunia..

Perintah untuk menutupi rahasia dan aib orang lain diantaranya disebutkan dalam hadist yang di riwayatkan  oleh Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda :
لَا يَسْتُرُ عَبْدٌ عَبْدًا فِي الدُّنْيَا إِلَّا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَة 
"Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia,melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak."  (HR. Shahih Muslim )

Berkatalah si Pensya'ir, "Jika seorang manusia tidak dapat memiliki  3 perkara ini,maka  manusia tersebut tidak lebih bagus nilainya dengan segenggam abu dapur " ..
1.     Bila berjanji kepada seseorang menepati janjinya
2.     Tidak bersifat kikir
3.     Menyembunyikan rahasia-  rahasia dalam hatinya.


No comments:

Post a Comment