KegiatanPPDB

CARA MENEMUKAN NILAI PHI



Dalam pembelajaran, guru tidak hanya memberikan langsung rumusnya melainkan mengajarkan kepada peserta didik cara menemukannya khususnya dalam pembelajaran matematika.
Dalam dunia matematika, phi dikenal sebagai suatu kisaran nilai yang digunakan dalam menentukan keliling dan luas lingkaran. Nilai phi sudah ditentukan 22/7 atau 3.14. Kebiasaan guru hanya memberitahukan kepada peserta didik bahawa nilai phi dan tidak pernah melakukan prakteknya.

Guru harus kreatif dalam kegiatan belajar mengajar supaya anak lebih paham, menarik, menyenangkan dan belajarnya bermakna.
Kegiatan siswa SMP Dayah Darul Yaqin dalam menemukan nilai phi bersama guru matematika. Dalam kegiatan menemukan nilai phi, siswa harus menyediakan bahannya terlebih dahulu. Bahan yang harus disiapkan antara lain: kertas karton, gunting, benang, rol atau meteran,penggaris, spidol, jangka.

Berikut langkah-langkahnya:
1) Buatlah 3 buah lingkaran dengan diameter sembarang dengan titik pusat misalnya, p,q,r.
2) Kemudian potong ketiga lingkaran tersebut dan ukur setiap keliling lingkaran dengan menggunakan benang dan benangnya dipotong.
3) Ambil meteran atau penggaris untuk mengukur panjang benang tadi.
4) Catat hasil pengukuranya dan masukan ke dalam tabel perhitungan.
5) Misalnya untuk panjang benang dimasukan ke dalam keliling lingkaran dan panjang diameter dimasukan kedalam diameter lingkaran.
6) Kemudian untuk menemukan nilai phi, nilai keliling lingkaran dibagi dengan nilai diameter lingkaran. Hasilnya nilai phi.

No comments:

Post a Comment